Profil

Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Kesuma Negara” Blitar disingkat STIEKEN Blitar, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar dengan Akta Notaris, yaitu Notaris Budi Dharmakusuma, S.H. dengan nomor Akta Notaris: 5, tanggal   7 Mei 1989 yang berkedudukan di Blitar. Sesuai dengan perkembangan yang dinamis akan kebutuhan penyesuaian globalisasi, Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar sebagai Badan Pendiri STIEKEN Blitar kemudian berganti nama menjadi Perkumpulan Kesuma Negara Blitar pada bulan Juli 2002.

STIEKEN Blitar dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi di Blitar setelah mendapat ijin pemerintah pertamakali dengan SK. Mendikbud No. 0325/0/1990 dengan tujuan ikut serta mencerdaskan kehidupan sosial ekonomi bangsa Indonesia, menyiapkan tenaga yang cakap, trampil serta ahli dalam bidang ekonomi. Dalam perjalanannya, STIEKEN Blitar telah tiga kali mendapat ijin perpanjangan penyelenggaraan pendidikan yaitu pada tahun 2003 (SK. DIKTI No. 2238/D/T/2003 untuk Prodi Manajemen), pada tahun 2007 (SK. DIKTI No. 3278/D/T/2007 untuk Prodi Manajemen), dan yang terbaru adalah pada tahun 2011 (SK. DIKTI No. 7633/D/T/K-VIII/2011 untuk Prodi Manajemen).

Kemudian seiring dengan kebutuhan atas produk pendidikan yang konsisten dan akurat serta jaminan atas tersedianya sumber daya pendukung yang layak, pada tahun 2010 STIEKEN Blitar telah mengantongi status Terakreditasi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional–Perguruan Tinggi) hingga yang terakhir dengan SK. NO. 079/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2015 untuk program studi Manajemen. Selain itu dukungan pemerintah juga tampak dengan disediakannya alokasi beasiswa secara rutin setiap tahun bagi mahasiswa STIEKEN Blitar dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar mementingkan pendidikan dan latihan penyiapan sarjana ekonomi yang menguasai dan menerapkan serta mengembangkan ilmu-ilmu ekonomi terutama disiplin-disiplin bidang studi akuntansi dan manajemen, guna menjawab dan memenuhi tuntutan pasar tenaga kerja dan pembinaan integritas kepribadian serta profesionalitas. Selain itu juga memberikan bekal tambahan berupa keahlian dalam operasional teknologi informasi yang berkembang saat ini, seperti penggunaan internet/intranet application, Linux, Windows®, networking, dan lain sebagainya.

Sejak berdirinya hingga saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar telah mengalami 4 kali pergantian Ketua Jurusan Manajemen. Beberapa aspek penting dalam kepemimpinan mereka yang perlu dicatat adalah sebagai berikut:

 

  1. Ec. Bambang Supriyambodo (1 Mei 1990 – 31 Juli 1993)

Masa ini merupakan masa perjuangan awal berdirinya STIEKEN Blitar. Masalah utama yang dihadapi pada periode ini selain rendahnya minat mahasiswa, juga masih langkanya tenaga-tenaga ahli yang tersedia dan mampu menjadi dosen bidang manajemen dan akuntansi di Blitar. Oleh sebab itu, pada periode awal berdirinya STIEKEN Blitar ini ditandai dengan jumlah mahasiswa yang masih sedikit serta dosen-dosen yang berstatus pinjaman atau dosen luar biasa.

 

  1. Stefanus Daniel Sugama, SE.,Ak (1 Agustus 1993 – 31 Juli 1996)

Berkat kerja keras dan bantuan dari masyarakat dan pemerintah melalui Kopertis Wilayah VII Surabaya, maka kendala demi kendala bisa dipecahkan. Pada masa kepemimpinan Stefanus Daniel Sugama, SE., Ak ini sarana dan prasarana sedikit demi sedikit mulai dilengkapi.

 

  1. Siti Sunrowiyati, SE (1 Agustus 1996 – 31 Juli 1999)

Pada masa kepemimpinan Siti Sunrowiyati, SE ini tugas utama adalah meningkatkan kualitas proses belajar mengajar serta penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Peningkatan jumlah mahasiswa juga terjadi di tahun-tahun kepemimpinan Siti Sunrowiyati, SE.

 

  1. Tedy Asprino, SE (1 Agustus 1999 – 31 Juli 2002)

Pada masa kepemimpinan Tedy Asprino kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi semakin lebih baik lagi, meskipun mengalami banyak kendala. Perlahan tapi pasti mulai ada perubahan yang positif. Kerjasama dengan instansi daerah dan swasta juga mulai dulakukan. Kegiatan perkuliahan juga semakin efektif.

 

  1. Bambang Subagyo, S.Pd (1 Agustus 2002 – 31 Juli 2006)

Pada masa kepemimpinan Babang Subagyo S.Pd ini STIEKEN Blitar berhasil mendapatkan Bantuan Hibah SIM/TIK dari pemerintah dan dipergunakan untuk mengembangkan Sistem Informasi Manajemen berbasis komputer sehingga civitas akademika semakin mudah dan cepat mendapatkan informasi melalui sistem online.

 

  1. Aris Sunandes, SE., MM (1 Agustus 2006 – 22 Februari 2014)

Pada kepemimpinan Aris Sinandes, SE, MM ini, tepatnya di tahun 2010, Jurusan  Manajemen STIEKEN Blitar telah berhasil mendapatkan status “Terakreditasi” dari BAN-PT.

Pada masa-masa ini fokus utama adalah usaha meningkatkan akreditasi sehingga dapat merintis pendirian Program Pasca Sarjana. Hal ini dilakukan dengan cara menambah gedung kelas dan aula yang kini telah rampung. Selain itu juga peningkatan koleksi buku, sarana, dan prasarana pengajaran juga menjadi perhatian. Dalam masa ini juga semakin tampak peningkatan aktivitas dan kreativitas mahasiswa seperti pelaksanaan Bakti Sosial, Panggung Hiburan, dll. Dalam bidang pendidikan direncanakan untuk menggalakkan kuliah tamu sebagai tambahan ilmu dari dunia kerja serta mengoptimalkan Kuliah Kerja Usaha untuk memberikan wawasan berwirausaha bagi mahasiswa.

 

  1. Sandi Eka Suprajang, SE., MM. (23 Februari 2014 – 22 Februari 2018)

Di era ini, pengembangan dan perbaikan kampus mulai dilakukan dengan lebih sistematis, diantaranya: perbaikan di bidang IT, manajemen kampus, membentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen, serta perbaikan sarana dan prasarana kampus. Semua ini dilakukan demi tercapainya cita–cita luhur STIEKEN menjadi Kampus Berbasis IT dan siap mencetak lulusan untuk bersaing di era globalisasi, serta persiapan membuka Program Pasca Sarjana di tahun 2020. Semua ini tentunya menjadi harapan semua civitas akademika, dan semuanya telah siap untuk menuju perubahan yang akan dilaksanakan. Sealin itu target mahasiswa lulus sudah mampu menggunakan Bahasa Ingrris, serta diwajibkannya tes TOEFL bagi semua lulusan.

 

 Tujuan dan Program Pendidikan

  1. Tujuan Pendidikan Tinggi

Undang–Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menetapkan bahwa tujuan Pendidikan Tinggi adalah:

  1. berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu,  cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan  berbudaya untuk kepentingan bangsa;
  2. dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi  kepentingan nasional dan peningkatan daya saing  bangsa;
  3. dihasilkannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan  menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi  kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan  kesejahteraan umat manusia; dan
  4. terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan  mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

  1. Tujuan Pendidikan di STIE Kesuma Negara Blitar

Untuk merumuskan visi dan misi yang telah dirumuskan, maka dirumuskan tujuan-tujuan:

  1. Menghasilkan Sumber daya manusia yang berkualitas unggul dan mampu berkontribusi pada peningkatan daya saing bangsa berbasiskan pemanfaatan teknologi;
  2. Mampu menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif terapan lainnya yang terpublikasi dan unggul sehingga dapat dijadikan acuan di tingkat nasional dan internasional dalam bidang ekonomi dan bisnis serta mampu berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan sumbangsih karya dan terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang mandiri, produktif dan sejahtera.
  4. Senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas jalinan kerjasama dengan berbagai instansi terkait, baik di dalam maupun luar negeri secara efektif dan efisien melalui pemanfaatan  sumber  daya manusia yang  ada  untuk  mendukung pencapaian kualitas unggul dan berdaya saing dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta  pengabdian kepada masyarakat.
  5. Menghasilkan tata kelola institusi yang efektif dan efisien, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil untuk mendukung pertumbuhan kualitas implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkelanjutan.

 

  1. Program Pendidikan di STIE Kesuma Negara Blitar

Berdasar SK. Mendikbud No. 0325/0/1990, maka program pendidikan di STIE Kesuma Negara Blitar terdiri atas :

  1. Program Sarjana (S1) Jurusan Manajemen
  2. Program Sarjana (S1) Jurusan Akuntansi

 

Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan/Prodi Manajemen

VISI

Menjadi Program Studi Manajemen yang unggul di tingkat Nasional, berjiwa wirausaha, dan mampu berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa di tahun 2024.

 

Unggul:

Program Studi Manajemen STIEKEN Blitar secara terencana melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di bidang manajemen, di tingkat nasional. Dengan keunggulan ini, Program Studi S1 Manajemen STIEKEN Blitar diarahkan menjadi lembaga pendidikan S1 terdepan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Program Studi Manajemen STIEKEN Blitar didukung oleh dosen dan tenaga kependidikan yang berintegritas tinggi dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang berintegritas. Lulusan yang berintegritas adalah lulusan yang mempertahankan kejujuran dan etika yang tinggi dalam pemikiran, perkataan, dan tindakan sehari-hari. Lulusan Program Studi S1 Manajemen STIEKEN Blitar adalah orang-orang yang kompeten, teliti, dan handal dalam berperilaku, serta dapat dipercaya.

 

Berjiwa Wirausaha:

Lulusan yang dihasilkan Program Studi S1 Manajemen STIEKEN Blitar berjiwa wirausaha yaitu memiliki kepribadian yang tangguh dan percaya diri serta memiliki keahlian untuk berwirausaha sehingga mampu bersaing secara lokal, nasional, maupun internasional. Dengan memiliki jiwa wirausaha, lulusan tidak lagi tergantung atau memiliki keinginan yang besar untuk menjadi pegawai/karyawan dan secara tidak langsung dapat membantu membuka lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran terbuka, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

 

MISI

  1. Meningkatkan pendidikan dosen dan tenaga kependidikan serta menyelenggarakan pengajaran bidang Manajemen strata 1 yang berkualitas berpedoman pada kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) didukung pembelajaran berbasis pemanfaatan teknologi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan keluaran berkualitas, relevan dengan kebutuhan stakeholders.
  2. Menyelenggarakan pengajaran yang menanamkan jiwa wirausaha, kreatif, memiliki softskill yang mendukung dan sesuai dengan karakter bangsa.
  3. Mampu Menyelenggarakan penelitian bidang Manajemen yang sesuai dengan kompetensi Program Studi dan mempublikasikannya pada taraf nasional dan internasional yang mampu meningkatkan serta mengembangkan keilmuan bidang manajemen agar bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menerapkan ilmu serta kemampuan di bidang ilmu manajemen.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak luar yang saling menguntungkan bagi perkembangan Program Studi Manajemen.
  6. Melaksanakan tatakelola Program Studi dan administrasi di dalam Program Studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil dalam rangka merespon berbagai perubahan yang terjadi dan yang paling penting adalah berkelanjutan.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas sesuai dengan standar Nasional yakni KKNI yang relevan dengan kebutuhan stakeholder
  2. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kreatif, mandiri, siap berwirausaha dengan softskill mendukung yang sesuai dengan nilai karakter Bangsa
  3. Menghasilkan berbagai penelitian bidang manajemen dengan kompetensi sesuai dengan Program Studi Manajemen yang dipublikasikan Nasional atau Internasional sebagai wujud pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat
  4. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang berasal dari aktivitas pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna bagi kebutuhan pemberdayaan masyarakat dan untuk menerapkan keilmuan.
  5. Selalu menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dan meningkatkan jumlah kerjasama baik secara jumlah serta kualitasnya dan menjamin keberlanjutannya. Sehingga terwujud peningkatan kualitas Program Studi Manajemen untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing.
  6. Mewujudkan tatakelola dan pelayanan administrasi Program Studi Manajemen yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil yang mampu meningkatkan kualitas dan menjamin terlaksananya Tri Darma Perguruan tinggi secara berkesinambungan atau berkelanjutan.

 

Sarana Penunjang Akademik

  • Gedung milik sendiri
  • Ruang kuliah yang modern yang telah dilengkapi dengan LCD projector dan AC
  • Kursi kuliah yang baik dan layak pakai
  • Laboratorium multimedia yang modern
  • Akses internet gratis melalui hotspot kampus dan jaringan kabel LAN
  • Ruang seminar yang representatif dilengkapi dengan AC
  • Ruang Aula  dengan  kapasitas  hingga  300  orang  dengan  dekorasi  modern,  sistem pencahayaan  yang  cukup,  serta  AC  kapasitas    Selain  sebagai  tempat pertemuan/kegiatan  akademik juga  digunakan  untuk  kegiatan  non  akademik  seperti olahraga bulutangkis, tenis meja, dan tempat latihan paduan suara
  • Perpustakaan dengan jumlah buku hingga 739 judul dan 1411 eksemplar
  • Mushola
  • Ruang Dosen
  • Ruang Front Office
  • Ruang Pusat Jaminan Mutu (PJM)
  • Ruang Pusat Karir
  • Ruang Rapat
  • Ruang Senat Mahasiswa, Ruang HMJ Mnajemen dan HMJ Akuntansi
  • Ruang Studio Musik
  • Ruang Baca
  • Ruang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
  • Tempat Parkir yang luas
  • Memberikan  wadah  penerbitan  karya  ilmiah  dosen,  mahasiswa  atau  kolaborasi keduanya melalui jurnal bernama PENATARAN dan RITMIK yang sudah memiliki ISSN.